Cara Menghindari Kebisingan Pada Mikrofon Di Android, Tablet dan Laptop

Apakah mikrofon Anda menangkap kebisingan latar belakang yang mengganggu? Selain menjengkelkan, kebisingan latar belakang dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus dan pada akhirnya mempengaruhi kualitas suara. Meskipun setiap rekaman menghasilkan beberapa tingkat kebisingan latar belakang, ada beberapa cara Anda dapat meminimalkan ini dan meningkatkan pengalaman Anda.

Hal yang berbeda dapat menyebabkan kebisingan latar belakang. Meskipun tidak dapat dihindari, Anda dapat mengambil tindakan dan meminimalkannya dengan mengikuti langkah-langkah dan panduan sederhana.

Jenis Suara yang Tidak Diinginkan

Sebelum mencoba meminimalkan kebisingan yang tidak diinginkan, pertama-tama kita harus mencoba memahaminya dengan lebih baik. Beberapa jenis kebisingan latar belakang dapat memengaruhi kualitas suara dan mengganggu perekaman Anda;

  • Kebisingan impuls – suara tajam yang melibatkan letupan dan klik disebut derau impuls. Suara-suara ini biasanya pendek dan berfrekuensi tinggi.
  • Kebisingan pita lebar – suara terus menerus yang melibatkan rentang frekuensi yang luas disebut kebisingan pita lebar. Berdengung dan mendesis termasuk dalam kategori ini.
  • Kebisingan pita sempit – suara kontinu yang melibatkan rentang frekuensi sempit disebut noise pita sempit. Suara ini tetap stabil dan biasanya disebabkan oleh grounding yang tidak tepat atau kabel yang terhubung ke mic.
  • Kebisingan tidak teratur – suara yang tidak diinginkan seperti lalu lintas, hujan, guntur, ucapan, dll. Karena suara ini bervariasi dalam frekuensi, panjang, dan volume, biasanya sulit untuk menghilangkannya.

Cara Menghindari Suara yang Tidak Diinginkan

Ada berbagai langkah dan tindakan yang dapat Anda ambil untuk mengurangi suara yang tidak diinginkan. Ingatlah bahwa tidak mungkin untuk menghapusnya sepenuhnya.

Mikrofon

  • Periksa lingkungan Anda – Perangkat seperti TV, radio, AC, kipas angin, dll., dapat menghasilkan sejumlah besar kebisingan yang dapat mengganggu perekaman Anda. Matikan peralatan listrik di sekitar Anda untuk menghilangkan kebisingan yang berasal darinya. Selain itu, pastikan untuk memeriksa kabelnya. Jika kabel lain ditempatkan langsung di atas input audio, kabel tersebut dapat mengganggu mikrofon Anda.
  • Bicara dengan jelas – Bicara dengan jelas dan langsung ke mikrofon untuk membuat rekaman di mana Anda dapat dengan mudah memperbaiki kebisingan sekitar melalui program.
  • Pilih mikrofon yang tepat – jika Anda sedang mencari mikrofon baru, pastikan untuk memilih salah satu yang paling cocok untuk Anda. Cari peringkat derau diri rendah yang akan menghilangkan derau mikrofon. Selain itu, perlu diingat bahwa mikrofon yang berbeda memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda. Misalnya, mic dinamis biasanya memiliki sensitivitas yang rendah, sedangkan kondensor memiliki sensitivitas yang lebih tinggi.
  • Kaca depan mikrofon – penutup mikrofon busa atau bulu menghilangkan kebisingan yang dihasilkan oleh angin atau pernapasan berat. Jika Anda sering merekam di luar, ini adalah sesuatu yang harus Anda miliki jika Anda ingin menghasilkan rekaman yang jernih dan berkualitas.
  • Filter pop – jika Anda ingin mencegah plosif muncul, Anda perlu mendapatkan filter pop untuk mikrofon Anda. Filter berbentuk lolipop ini menghilangkan ledakan suara dan sangat baik dalam mengurangi kebisingan latar belakang. Beberapa mikrofon dilengkapi dengan filter bawaan, sementara beberapa lainnya mengharuskan Anda membelinya secara terpisah.
  • Shock mount – tergantung pada jenis dan modelnya, mikrofon bisa sangat sensitif terhadap suara yang berbeda. Filter kejut adalah cara yang bagus untuk mencegah guncangan dan getaran yang berasal dari penanganan mikrofon. Jika Anda menyimpan mikrofon pada dudukan, dudukan kejut akan secara efisien mengurangi kebisingan dan getaran yang berasal dari mikrofon dan orang-orang yang berjalan di sekitarnya.
  • Filter – Anda dapat menggunakan berbagai filter untuk menekankan suara dari satu frekuensi dan menolak suara dari frekuensi lain:

1. Bandpass – digunakan untuk memisahkan sinyal dalam satu frekuensi dari sinyal dalam frekuensi lain.

2. Band-reject – digunakan untuk menghapus frekuensi yang tidak diinginkan sementara hampir tidak mempengaruhi frekuensi lain sama sekali.

3. Filter lolos rendah – digunakan untuk menghilangkan frekuensi tinggi dan hanya mengizinkan frekuensi rendah. Ini menolak frekuensi di atas cut-off-nya.

4. Filter lolos tinggi – digunakan untuk menghilangkan frekuensi rendah dan hanya mengizinkan frekuensi tinggi. Ini menolak frekuensi di bawah cut-off-nya.

5. All-pass – digunakan untuk mengubah fase sinyal.

  • Equalizer – dengan equalizer, Anda dapat bermain dengan level frekuensi untuk menghilangkan noise yang tidak diinginkan. Anda dapat mengurangi frekuensi suara yang dominan dan meningkatkan frekuensi yang hilang.

Headset

  • Pastikan headset terpasang dengan benar. Headset harus dicolokkan ke jack headphone – bukan jack audio.
  • Ganti soket listrik – beberapa soket bisa lebih keras dari yang lain. Jika kebisingan terus berlanjut, coba ganti soket daya.
  • Biarkan laptop Anda berjalan dengan baterai – meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, jika laptop Anda terhubung ke kabel daya, itu dapat menghasilkan lebih banyak suara. Jika Anda ingin mengurangi gangguan suara, alihkan laptop Anda ke daya baterai.
  • Periksa lingkungan Anda – matikan perangkat listrik yang tidak diperlukan. Periksa kabel untuk memastikan tidak ada gangguan magnetik. Juga, tutup jendela, menjauh dari ventilasi, tutup program yang membuat laptop Anda berisik, dll.

Semua trik ini membantu Anda mengurangi kebisingan yang datang dari lingkungan Anda. Semoga membantu terimakasih!!

Check Also

Cara Mengurangi Kebisingan Mikrofon di Windows

Apakah mikrofon Anda menangkap kebisingan latar belakang yang mengganggu? Selain menjengkelkan, kebisingan latar belakang dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.