Cara Merubah Format Video di Android

Video tersedia dari berbagai sumber dalam format yang berbeda, namun format MP4 adalah format yang paling diterima secara luas yang didukung oleh hampir semua perangkat yang dapat Anda pikirkan pada tahun saat ini. File video MP4 berukuran kecil, dibandingkan dengan format lain, dan lebarnya kompatibilitas adalah alasan, smartphone, dan kamera video merekam video dalam format MP4. Tetapi bahkan setelah itu, kita perlu mengonversi video dari satu format ke format lainnya karena sejumlah alasan. Selain konversi dari satu format ke format lainnya, terkadang kita bahkan perlu mengompresi ukuran file video agar mudah dikirim melalui internet, menyimpannya di suatu tempat, atau untuk beberapa persyaratan tertentu.

Saya berbicara tentang, bagaimana Anda dapat menggunakan Rem Tangan untuk mengurangi ukuran file video, tetapi Anda memerlukan komputer untuk menggunakan Rem Tangan. Namun, dengan semakin canggihnya ponsel cerdas, Anda bahkan dapat menggunakan ponsel cerdas Android Anda untuk mengonversi video dari satu format ke format lainnya, untuk memperkecil ukuran, membuatnya kompatibel dengan perangkat tertentu. Yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi konversi video, yang melakukan tugasnya.

Jadi mari kita mulai tutorialnya tanpa penundaan lebih lanjut.

Edit dan Konversi Video di smartphone & Tablet Android

Langkah 1: Unduh Video Converter

Unduh dan instal Video Converter by VidSoftLab dari Google Play Store di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Berikan izin ke Konverter video

Video Converter akan meminta izin untuk mengakses file media di perangkat Anda, dan lokasi perangkat Anda. Cukup ketuk ‘Izinkan‘ di kedua kasus untuk mulai menggunakan Video Converter.

Aplikasi Video Converter hadir dengan banyak opsi untuk memutar video lokal di perangkat Anda. Muncul dengan opsi untuk mengompresi ukuran file video, menggabungkan atau memotong video, mengonversi video menjadi video gerak lambat, membalikkan video, dan melakukan banyak aktivitas lain dengan video Anda.

Langkah 3: Konversi format video

Anda dapat memilih salah satu opsi sesuai kebutuhan Anda. Karena Anda harus mengonversi format video, cukup ketuk opsi ‘Video Converter‘ untuk mulai mengonversi video.

Langkah 4: Jelajahi Video

Sekarang pilih video yang ingin Anda konversi dengan melihat thumbnail video yang ditampilkan kepada Anda. Atau, ketuk ‘Jelajahi’ untuk memilih file dengan menelusuri sistem file. Di sini saya memilih video MP4 yang saya rekam.

Informasi video yang akan diedit

Sekarang beberapa informasi tentang video, termasuk ukuran file, durasi, format, dll. akan ditampilkan kepada Anda. Cukup ketuk panah maju untuk melanjutkan.

Langkah 5: Konversi video MP4 ke format MKV

Sekarang pilih format output atau target, Anda ingin mengonversi video. Saya memilih MKV di sini, karena saya ingin mengonversi video MP4 ke format MKV. Setelah Anda memilih format atau perangkat, ketuk tombol untuk melanjutkan.

Pilih alat

Anda bahkan dapat mengonversi video ke format yang didukung oleh platform atau perangkat tertentu seperti Apple, Android, Blackberry, Windows, dll.

Langkah 6: Konfigurasikan pengaturan output Format, Video dan Audio

Di halaman berikutnya, Anda dapat mengonfigurasi berbagai pengaturan output video, yang mencakup codec video dan audio, kecepatan bingkai, resolusi, frekuensi pengambilan sampel audio, atau pengaturan lain yang spesifik untuk format output. Jika Anda tidak yakin tentang masing-masing pengaturan, lebih baik lanjutkan dengan pengaturan default.

Di halaman berikutnya, ketuk centang kecil untuk memulai proses konversi dengan pengaturan yang Anda pilih.

Konversi video akan dimulai

Sekarang konversi video akan dimulai, dan itu akan memakan waktu tergantung pada ukuran video yang Anda pilih untuk konversi. Untuk memulai konversi atau proses lain pada saat yang sama secara paralel, cukup ketuk ‘Di Latar Belakang’ untuk memindahkan proses ke latar belakang, dan memulai proses lain.

Setelah konversi video selesai, video keluaran akan tersedia di bawah bagian ‘Video Saya’.

Opsi untuk mengonversi

Cukup ketuk untuk membuka opsi tambahan untuk mengonversi video, membuka video dengan beberapa pemutar video, dll.

Video yang dikonversi akan selalu dapat diakses, dan bahkan dapat dibagikan dari dalam Video Converter, Anda bahkan dapat menggunakan pengelola file untuk mengakses video yang dikonversi oleh Video Converter. Semua video yang dikonversi akan ada di folder ‘/ DCIM/VideoConverterVideo’ di penyimpanan internal perangkat Android Anda.

Video Converter adalah alat yang hebat untuk mengonversi, mengompres, atau mengedit video dengan berbagai cara saat bepergian. Beberapa fitur pro perlu dibuka kuncinya dengan menonton iklan, yang sama sekali bukan pemecah kesepakatan. Jika Anda ingin menghilangkan iklan sepenuhnya, Anda dapat menggunakan Video Converter Pro yang hadir dengan beberapa fitur premium yang bebas dari iklan. Jika Anda sering mengedit video, versi pro akan bernilai setiap sen untuk Anda.

Jadi itu saja tentang bagaimana Anda dapat mengonversi file video atau mengeditnya dengan berbagai cara langsung dari perangkat Android Anda. Semoga bermanfaat terimakasih..

Check Also

Cara Menghindari Kebisingan Pada Mikrofon Di Android, Tablet dan Laptop

Apakah mikrofon Anda menangkap kebisingan latar belakang yang mengganggu? Selain menjengkelkan, kebisingan latar belakang dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.