Cara Setting VPN Android

VPN adalah komponen kunci dalam infrastruktur keamanan siber, dan tidak ada alasan bagus mengapa Anda tidak boleh menggunakannya, apa pun platform atau perangkat yang Anda gunakan.

VPN melindungi Anda dengan berbagai cara. Melalui proses yang disebut tunneling , VPN mengemas ulang dan mengenkripsi data internet Anda, menyembunyikannya dari pengintaian dan menipu situs web dan layanan target agar mengira Anda mengaksesnya dari negara/lokasi berbeda.

Apakah Saya Membutuhkan VPN di Ponsel Saya?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menggunakan VPN di ponsel. Alasan pertama adalah keamanan. Saat Anda terhubung ke VPN, akan lebih sulit (atau hampir tidak mungkin) bagi seseorang untuk memantau aktivitas online Anda atau mencuri data berharga.

Wi-Fi publik, yang sering kita hubungkan dengan ponsel cerdas kita, sangat rentan dan sering digunakan untuk melakukan serangan siber dan mencuri kredensial. Dengan menghubungkan ke VPN, risiko data Anda dicuri berkurang secara signifikan.

Kami menyaksikan gelombang pasang serangan siber dalam dua tahun terakhir, diperburuk oleh meningkatnya ketergantungan kami pada semua hal teknologi selama pandemi. Sekarang, kita perlu menggunakan semua alat yang kita miliki untuk tetap aman di dunia maya yang suram.

Terakhir, VPN memiliki banyak kegunaan dalam hal hiburan. Ini dapat digunakan untuk membuka blokir perpustakaan Netflix AS dari negara lain, mengakses item yang lebih murah atau server yang berbeda di game seperti Genshin Impact, serta membuka situs web yang dibatasi wilayah.

Singkatnya, menggunakan VPN telepon bukan sekadar rekomendasi – ini suatu keharusan.

Cara Mengatur VPN Gratis di Android Secara Manual

Anda dapat menggunakan VPN Android secara gratis karena sistem operasi dikirimkan dengan dukungan VPN bawaan. Namun, dukungan VPN built-in gratis tidak berarti bahwa layanan VPN yang sebenarnya gratis . Itu semua tergantung pada penyedia VPN yang Anda pilih.

Ada dua cara untuk terhubung ke VPN di Android. Yang pertama adalah manual, di mana Anda melalui pengaturan ponsel cerdas Anda dan secara manual mengetikkan detail konfigurasi VPN untuk terhubung. Metode kedua jauh lebih mudah dan melibatkan penggunaan aplikasi VPN khusus.

Kami akan membahas metode konfigurasi VPN manual terlebih dahulu dalam panduan langkah demi langkah singkat ini. Namun, sebelum Anda mengatur VPN secara manual di ponsel Anda, Anda harus mendapatkan data login dan konfigurasi VPN terlebih dahulu.

Jika Anda menggunakan VPN Android komersial, Anda harus membuka situs web penyedia dan masuk ke akun Anda. Sesampai di sana, data konfigurasi biasanya ditemukan di bawah “Pengaturan Manual” atau “Hubungkan ke Lebih Banyak Perangkat”.

Biasanya, Anda perlu mengambil dua hal: kredensial masuk (nama pengguna dan kata sandi) dan data konfigurasi, yang terkadang disebarluaskan dalam bentuk file yang dapat diunduh. Perhatikan bahwa setiap server di jaringan VPN Anda , yang terkadang berjumlah ribuan, memiliki file konfigurasi terpisah yang harus Anda unduh.

Atau, jika Anda menyambung ke VPN pribadi atau perusahaan, Anda harus mendapatkan informasi ini dari administrator sistem atau orang yang bertanggung jawab atas sambungan VPN. Setelah Anda memiliki informasi ini, saatnya untuk mengatur koneksi VPN Android.

Langkah 1: Navigasikan ke Pengaturan Jaringan di Ponsel Anda

Langkah pertama melibatkan menuju ke pengaturan jaringan ponsel Anda, di mana Anda akan menemukan opsi terkait VPN. Untuk melakukan ini, pertama, klik Pengaturan (biasanya memiliki ikon tutup kepala) dan kemudian arahkan ke Pengaturan Jaringan. Tab ini juga dapat diberi nama Connection and Sharing atau semacamnya, tergantung pada pabrikan ponsel.

Langkah 2: Akses Tab VPN

Setelah Anda mengakses pengaturan jaringan telepon Anda, Anda akan melihat tombol berlabel “VPN”. Anda akan disambut oleh halaman yang hampir kosong dengan tombol sakelar VPN di bagian atas dan opsi “Tambah VPN” dengan tanda plus di bagian bawah. Klik tanda plus, dan Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi server VPN ponsel.

Langkah 3: Ketik Info Konfigurasi VPN

Sekarang, Anda harus mengetikkan data login dan konfigurasi VPN yang Anda peroleh dari penyedia atau administrator TI Anda. Berikut informasi yang Anda perlukan:

  • Jenis : Ini berkaitan dengan protokol VPN yang Anda gunakan. Satu masalah utama dengan menghubungkan secara manual ke VPN di Android adalah Anda dibatasi pada protokol L2TP, IPSec, dan IKEv2 . Semua protokol VPN ini cukup usang karena kerentanan keamanan, kecepatan lambat, atau keduanya. Pilihan yang lebih baik adalah IKEv2, sementara Anda harus menghindari PPTP, karena ini adalah yang paling rentan (dan tertua) dari kelompok itu.
  • Alamat server : Ini adalah alamat server yang Anda sambungkan dan direpresentasikan dalam bentuk proxy.example.com . Misalnya, alamat server US Atlanta dari SurfShark adalah us-atl.prod.surfshark.com
  • Kredensial masuk : Nama pengguna dan kata sandi yang ditentukan oleh penyedia VPN komersial atau administrator TI
  • Nama : Anda dapat memberi nama koneksi VPN apa pun yang Anda inginkan, tetapi perlu diingat bahwa yang terbaik adalah mencantumkan penyebut yang dapat dikenali dalam nama, seperti “server NordVPN London”, sehingga Anda dapat membedakannya jika Anda memiliki banyak koneksi yang tersimpan.
  • Opsi lanjutan : Di sini, Anda dapat menemukan pengaturan terkait DNS seperti domain pencarian DNS, server, dan rute penerusan.

Setelah Anda mengetik semuanya, simpan profil koneksi VPN.

Pilih Konfigurasi VPN Tersimpan untuk Terhubung

Profil koneksi yang Anda simpan sekarang dapat ditemukan di bawah tab VPN. Untuk membuat koneksi, Anda hanya perlu menuju ke tab itu (Pengaturan> Pengaturan Jaringan> VPN) dan ketuk profil yang disimpan.

Check Also

Cara Menghindari Kebisingan Pada Mikrofon Di Android, Tablet dan Laptop

Apakah mikrofon Anda menangkap kebisingan latar belakang yang mengganggu? Selain menjengkelkan, kebisingan latar belakang dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.